lari tanpa alas kaki ternyata lebih sehat


siapa bilang lari tanpa alas kaki bisa berbahaya dan menyakitkan?
jika kamu berfikir untuk mencari sepasang sepatu untuk lari? sebaiknya batalkan saja deh soooob...

penelitian yang dilakukan tim peneliti dari harvard university peneliti menemukan bahwa lari tanpa alas kaki justru lebih sehat.

dari sebuah penelitian, diketahui seseorang yang menggunakan sepatu untuk berlari, cenderung mengalami shock yang menimbulkan rasa nyeri di seluruh tubuhnya. penelitian ini didasari atas survey yang di lakukan pada gaya lari para atlet baik yang menggunakan sepatu maupun tanpa alas kaki.

selain itu juga, ditemukan para atlet yang lari menggunakan sepatu bisa mengalami "heel strike" yaitu untuk setiap mil mereka berlari, mereka akan membanting tumit ke tanah 1.000 kali. bantingan ini menciptakan tekanan yang cepat dan besar pada seluruh tubuh.

namun untuk atlet yang tidak menggunakan sepatu cenderung mendaratkan kaki secara lentur. hentakan kaki mereka lebih lembut dibandingkan di bandingkan yang menggumnakan sepatu. hali ini menjelaskan mengapa banyak atlet lari tidak dianjurkan memakai alas kaki saat bertanding.

"seseorang yang tidak menggunakan sepatu saat berlari biasanya mengalami tekanan yang berbeda dibandingkan yang menggunakan sepatu." kata daniel lieberman, profesor bidang evolusi biologi manusia di harvard unifersity, seperti dikutip daily mail.

" sebagian besar orang berfikir berlari tanpa alas kaki bisa berbahaya dan menyakitkan. padahal, dengan berlari telanjang kaki justru membuat seseorang bisa berlari pada jalan yang keras tanpa rasa sakit." tambah lieberman.

hal terpenting saat berlari telanjang kaki adalah hati-hati dengan calluses(kapalan) yang timbul. jika memang timbul kapalan, bersihkan dan atasi dengan krim untuk menghindari infeksi.

5 comments:

Damar on 20 July 2010 at 11:40 said...

bener Sob, apalagi klo larinya di atas pecahan kaca, ato di atas bara api, wahhh...sehat tuh . .kwkwkwkw

YPS on 20 July 2010 at 12:35 said...

Berarti perlu memperbanyak lari tanpa alas kaki

Admin on 20 July 2010 at 13:50 said...

wah makasih SOB atas infonya.....

MF Modifier on 20 July 2010 at 15:14 said...

yappp, itu emang betul, aq juga prnah dibilangin kakek aq ^_^

Fauzi Akbar on 20 July 2010 at 16:41 said...

wah klo mw lba lari gk pake sepatu aja ya..biar sehat kckckckc.. Nice post

Post a Comment

Terimakasih Telah Mau Membaca..
Silahkan Tinggalkan Komentar..

 
Maulana Ni'ma Alhizbi Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template