proklamasi kemerdekaan republik indonesia (17 agustus 1945)

perjuangan pergerakan kemerdekaan indonesia mencapai puncaknya dengan di proklamasikannya kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 agustus 1945, setelah terjadi perbedaan pendapan antara golongan muda dan golongan tua. golongan tua diwakili oleh Ir.Sukarno dan Drs. Moh. Hatta menggantungkan proklamasi indonesia pada sidang panitia persiapan kemerdekaan indonesia(PPKI), yaitu badan bentukan jepang. golongan muda menghendaki proklamasi dilakukan dengn kekuastan sendiri. perbedaan pendapan memuncak dengan tindakan pemuda menculik Ir.Sukarno dan Drs. Moh. Hatta dan membawa mereka ke asrama PETA di rengas dengklok disebelah utara karawan, dini hari tanggal 16 agustus 1945.
Mr. Achmad Soebardjo, seorang tokoh golongan tua berhasil meyakinkan golongan muda sehingga malam hari tanggal 16 agustus 1945 sukarno-hatta sudah berada di jakarta kembali. berdasarkan pertimbangan keamanan, malam itu juga diadakan pertemuan di rumah laksamana muda tadasyi maeda, di jalan imam bonjol No.1. diruang makan belakang, sukarno,hatta, dan subardjo merumuskan teks proklamasidengan disaksikan oleh tiga orang wakil dari golongan muda. yaitu sayuti melik, B.M.diah dan sudiro. setelah selesai, dimusyawarahkan dengan anggota PPKI dan golongan pemuda yang sedang menunggu di ruang depan. usul sukarni, supaya naskah proklamasi di tandatangani oleh sukarno dan hatta saja di setujui oleh semua yang hadir. naskah yang masih berupa tulisan tangan sukarno segera diketik oleh sayuti melikdan kemudian di tandatangani oleh sukarnao dan hatta atas nama bangsa indonesia.
pada pukul 10:00 WIB tanggal 17 agustus 1945, sukarno didampingi oleh hatta membacakan proklamasi di rumahnya di jalan pegangsaan timur(sekarang jalan proklamasi) 56 jakarta, disaksikan khidmat oleh anggota PPKI, walikota jakarta, para memuda dan rakyat jakarta. setelah itu di teruskan dengan pengibaran bendera merah putih, diiringi lagu kebangsaan indonesia raya.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah Mau Membaca..
Silahkan Tinggalkan Komentar..

 
Maulana Ni'ma Alhizbi Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template