sejarah pembentukan BKR ( badan keamanan rakyat)

rapat PPKI tanggal 19 agustus 1945 memutuskan untuk membentuk tentara kebangsaan. berdasarkan pertimsbngsnpolitis, keputusan itu di ubah dan dalam rapat pada tanggal 22 agustus 1945 diputuskan untuk membentuk tiga badan sebagai wadah perjuangan, yaitu komite nasional indonesia (KNI), partai nasional indonesia (PNI), dan badan keamanan rakyat (BKR). pembentukan BKR itu di umumkan daalam pidato presiden malam hari tanggal 23 agustus 1945. presiden menyerukan supaya para pemuda memasuki BKR sampai datang saatnya mereka di panggil untuk memasuki tentara kebangsaan bila waktunya telah datanga.
BKR bertugas menjaga keamanan dan ketertiban umum dibawah koordinasi KNI. sekalipun BKR itu bukan tentara, dalam bulan-bulan pertama sesudah proklamasi, BKR lah yang mempelopori, pendorong, memutar roda revolusi dengan melakukan perebutan kekuasaan dan perebuatan senjata dari tangan jepang.
dalam BKR terdapan unsur-unsur laut dan udara. para pemuda bekas kaigun, heiho, serta para pemuda yang bekerja pada objek-objek vital di pelabuhan maupun perusahaan jawatan pelayaranmembentuk BKR laut. sementara itu, para pemuda yang bekerja pada dinas penerbangan jepang seperti rikugun, koku butai, kaigun koku butai, nampo koku kabusiki, membentuk BKR udara.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

SPAM!!!

Yona Ramadhana on 14 Maret 2013 16.53 mengatakan...

[ASK] : wilayah pengamanannya mana aja ya?

Muhammad Fadhil Firdausi on 21 Maret 2013 19.30 mengatakan...

berguna sekali, dibuku saya penjelasan BKR cuma sedikit

Poskan Komentar

jangan SPAM ya!!!!
kritik dan komentar anda sangat membantu saya dalam mengembangkan blog ini...
email:maulanahizbi@ymail.com

 
Maulana Ni'ma Alhizbi Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template