negara indonesia adalah negara dengan nilai-nilai islam (indonesia bukan negara kafir)


indonesia yang sudah merdeka hampir menginjak 1 abad ini tengah di goncang dengan maraknya isu negara islam oleh NII, mereka menganggap bahwa dasar negara indonesia yaitu pancasila itu adalah taghut, tidak berlandaskan pada Al-qur'an dan Hadits, dan mereka memakai sebuah ayat dalam surat al-maidah yang mengatakan bahwa barangsiapa yang tidak berhukum dengan hukum yang telah di turunkan oleh allah, maka dia kafir.

ayat ini juga yang dipakai oleh kaum khawarij untuk membunuh sayyidina Ali, sepupu dan menantu rasulullah, pada saat terjadi pemberontakan oleh Mu'awiyah, terjadilah tahkim yang disebut pula fitnah, orang-orang khawrij yang semula mendukung Ali lalu keluar dari barisan Ali, karena mereka memandang Ali telah berhukum dengan selain hukum Allah maka wajib di bunuh, dan terealisasikanlah dengan terbunuhnya Ali.

sebenarnya apabila ayat ini difahami secara benar dengan melihat asbabun nuzul kita akan mendapatkan bahwa ayat ini tidak ada kaitannya dengan umat islam, karena ayat ini turun sehubungan dengan kaum yahudi yang ingin bertahkim kepada nabi terhadap persoalan zina, dan mereka menyembunyikan hukuman zina yang tertulis didalam taurat, kemudian turunlah ayat tersebut, jadi ayat tersebut turun untuk ahli kitab ketika mereka mengingkari apa yang ada didalam taurat & injil, dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan umat islam.

asbabun nuzul menjadi sangat penting dalam memahami suatu ayat, agar kita benar-benar menerapkan wahyu itu secara tepat, sebab kalau mengambil ayat sepotong-sepotong tanpa asbabun nuzul maka sangat berbahaya dan akan menjerumuskan kita pada kesalahan.

lalu apa hubungannya dengan indonesia??, perlu kita ketahui sebelumnya bahwa di dalam islam ada 3 pilar utama, yaitu : iman, islam, ihsan, iman terlukis dalam aqidah, islam teraplikasi dalam syari'at, dan ihsan adalah cerminan dari iman dan islam itu.sekarang pertanyaannya adalah apakah indonesia dengan pancasilanya melarang kita untuk meyakini rukun iman? apakah indonesia dengan pancasilanya melarang kita untuk menjalankan rukun islam? pasti jawaban dari keduanya "tidak" oleh karena itu yang menentukan islamnya seseorang adalah diri sendiri bukan organisasi atau negara, silahkan anda cermati jika ada orang yang hidup di negara yang berlandaskan Al-qur'an dan Hadits seperti Arab Saudi tetapi perilakunya menyiksa para TKI, memeras, memperkosa, mendzalimi dan meminum minuman keras dan satu lagi adalah orang yang tinggal di indonesia yang dasar negaranya adalah pancasila tetapi beriman dan bertaqwa, mana yang lebih baik?

bagi islam, setiap pemimpin menegakkan keadilan adalah sebuah keharusan, islam juga mengajarkan untuk memperlakukan semua warga (rakyat) secara musawah (tidak pandang bulu di mata hukum), dan didalam islam juga ada lima prinsip dasar (kulliyat al-khams) yang harus dijungjung tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, prinsip pertama adalah jaminan atas jiwa seseorang dari penindasan dan kesewenang-wenangan (hifdz al-nafs), prinsip yang kedua adalah jaminan mengejukan pendapat secara rasional (hifdz al-aql), prinsip yang ketiga adalah perlindungan atas harta benda sebagai hak milik (hifdz al-mal), prinsip yang keempat adalah jaminan atas kepercayaan dan agama yang diyakini (hifdz al-din), prinsip yang kelima adalah jaminan atas kelangsungan hidup dan profesi (hifdz al-nasl wal-irdl).

dari pemaparan diatas kita dapat melihat bahwa walaupun tidak berkedok sebagi negara islam tetapi berisi nilai-nilai islam seperti kelima prinsip tadi maka itulah yang dinamakan negara islam.


hizbi
PMH/II
UIN Bandung

*kamis, 28 juli 2011

referensi:
- Islam Kebangsaan, fiqh demokratik kaum santri, Prof. DR. KH. Said Aqil Siradj, MA
- Majalah Risalah NO.25/Thn IV/1423 H/ 2011

2 comments:

Pradi on 1 August 2011 at 20:19 said...

kalo pancasila ideologi yang bagus dan mantap, knp kita tidak mencoba memaksakan ideologi kita terhadap negara2 barat? sebagaimana mereka memaksakan demokrasi dan komunis ke negara2 timur?

kalo merasa ideologi pancasila paling mantap dari pada yang ada di timur tengah..
mari kita pancasilasisasi negara2 yang ada di sluruh dunia

hiez_bi on 1 August 2011 at 21:12 said...

siapa yg memaksakan ideologi demokrasi dan komunisme?? ga ada tuh,,, indonesia menggunakan demokrasi karena memang sejalan dengan pancasilda dan sesuai dengan agama islam yang menjungjung demokrasi (musyawarah),,, anda ga belajar geografi ya??? negara indonesia bukan termasuk negara timur tengah mas,,, dan kenapa kita ngga sosialisasikan pancasila karena SDM (manusia) yang menjalani sistem pancasilanya belum siap menjadi teladan,,, jadi bukan kesalahan sistem,, tapi kesalahan manusia indonesia sendiri yang ngga mau pintar

Post a Comment

Terimakasih Telah Mau Membaca..
Silahkan Tinggalkan Komentar..

 
Maulana Ni'ma Alhizbi Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template